Contoh Tanaman Penghijauan: Jenis MPTS & Kayu Keras Kehutanan

Posted On // 1 comment
Memilih tanaman penghijauan yang baik adalah bibit yang cepat tumbuh. Namun lebih tepat jika jenis tanaman penghijauan sesuai dengan keinginan masyarakat selaku pemilik lahan. Untuk lokasi penanaman, bibit dapat ditanam di lahan yang di-kategori-kan kritis, sekitar hulu DAS (daerah aliran air), catchment area/waduk/sekitar mata air, dan kanan-kiri sungai sampai dengan hilir DAS.

Berdasarkan peraturan kementerian kehutanan yang terkait dengan pemilihan jenis tanaman pada program penanaman pohon, berikut ini adalah:

Contoh tanaman kehutanan:
Untuk bibit pohon kayu pertukangan antara lain: Angsana, Ekaliptus, Acacia Mangium, Gmelina, Sonokeling, Suren, Waru Gunung, dll. ataupun tanaman kayu keras komersil seperti Jati, Sengon, dan Mahoni.

Contoh tanaman MPTS:
Untuk bibit pohon multi purpose tree species antara lain: Alpukat, Aren, Bambu, Cempedak, Cengkeh, Jambu Mete, Jengkol, Kenanga, Kayu Manis, Kelengkeng, Mangga, Nangka, Pete, Rambutan, Sukun, Mimba, Asam, Gayam, Pala, dll. dimana selain untuk tujuan konservasi manfaatnya juga dapat diambil oleh masyarakat.

Selain itu, contoh bibit pohon untuk turus jalan/penghijuan kota yaitu: Asam kranji, Bungur, Cemara, Dadap, Damar, Felisium, Flamboyan, Johar, Kenari, Mangrove, Palem Raja, Tanjung, Trembesi, Meranti Merah, Eboni, Kepuh, dll.

1 komentar:

Anonymous said...

MPTS



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...